Home Berita Terkini Tidak Mengindahkan Maklumat Kapolri, Polsek Batuaji Amankan Warga Dibeberapa Lokasi.

Tidak Mengindahkan Maklumat Kapolri, Polsek Batuaji Amankan Warga Dibeberapa Lokasi.

4
0

Batuaji – Polsek Batuaji mengamankan beberapa orang warga yang masih berkumpul-kumpul dibeberapa tempat baik warung maupun tempat hiburan cafe yang masih melakukan aktifitasnya di seputaran Kec. Batuaji Kota Batam, Senin (13/04/2020) sekitar pukul 01.00 wib.

Kegiatan cipkon yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Batuaji Iptu Thetio Nardiyanto, S.H tersebut dengan kekuatan 10 orang personil, menyisir sepanjang pinggir jalan utama maupun tempat-tempat hiburan malam yang ada di Kec. Batuaji.

Dari beberapa lokasi baik warung maupun cafe, Polsek Batuaji mengamankan sekitar 15 orang masyarakat dan langsung dibawa ke Mako Polsek Batuaji untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik.

Iptu Thetio menuturkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Operasi Aman Nusa II Polri untuk mencegah penyebaran covid-19 yang semakin meningkat khususnya di Kota Batam.

“kita dalam minggu-minggu kemarin, sudah mulai menghimbau masyarakat agar tidak berkumpul-kumpul dan mengindahkan Maklumat Kapolri, namun masih saja ada yang acuh dan seakan-akan tidak peduli” ujar Itpu Thetio.

“untuk sementara malam ini, kami hanya mengamankan dulu, kemudian kami berikan pemahaman kepada masyarakat tersebut dan membuat pernyataan untuk tidak lagi berkumpul-kumpul dan melakukan aktifitas ditempat hiburan malam atau cafe” kata Iptu Thetio.

Kemudian Kanit Reskrim mengatakan bahwa jika besok masih mengulangi perbuatannya, maka Polsek Batuaji akan melakukan penindakan secara tegas dan akan menerapkan pasal yang ada di KUHP.

“akan kita kenakan Pasal 212 KUHP barang siapa yang tidak mengindahkan petugas yang berwenang yang saat ini melaksanakan tugas dapat dipidana. Kita akan terus lakukan pemantauan dan jika perlu sampai tahap penyidikan” jelasnya.

Kapolsek Batuaji Kompol Syafrudin Dalimunthe, S.H.,M.H.,M.BA menyampaikan kepada media bahwa membenarkan telah memerintahkan Kanit Reskrim untuk melakukan penindakan jika Maklumat Kapolri masih juga tidak diindahkan oleh masyarakat.

“sekali lagi saya menghimbau kepada masyarakat Kec. Batuaji agar melaksanakan Maklumat Kapolri dan anjuran dari Pemerintah. Ini semua dilakukan demi keselamatan dan kesehatan kita semuanya” ungkap Kapolsek

Berikut isi maklumat Kapolri :

1. Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum ataupun lingkungan sendiri.

a. Pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan lain sebagainya.
b. Kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan reseptionis keluarga.
c. Kegiatan olahraga, kesenian dan jasa hiburan.
d. Unjukrasa, pawai dan karnaval serta kegiatan lain yang menyebabkan berkumpulnya orang banyak.

2. Masyarakat juga diminta tetap tenang dan jangan panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing.

3. Apalagi dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari kegiatan yang melibatkan banyak orang maka wajib mengikuti prosedur pemerintah.

4. Tidak melakukan pembelian atau menimbun kebutuhan bahan pokok secara berlebihan.

5. Tidak terpengaruh dan menyebarkan berita yang sumbernya tidak jelas dan dapat meresahkan masyarakat.

6. Apalagi ada informasi yang sumbernya tidak jelas dapat menghubungi pihak kepolisian.

7. Apalagi ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Previous articleHimbauan Jangan Mudik Dulu Guna Antisipasi Covid -19 Dan Wajib Menggunakan Masker Sesuai Anjuran Pemerintah
Next articlePOLRESTA BARELANG MENERIMA BANTUAN CAIRAN HANDSANITIZER DARI TEMASEK FOUNDATION SINGAPURA